Asal Muasal Burung Besi Bisa Terbang

Pernah lihat pesawat di udara ? Tentu kita semua pernah melihatnya bukan. Kadangkala kita sering bingung ya bagaimana pesawat sebegitu berat bisa lepas landas, mengudara, dan mendarat kembali lagi ke bumi.
Sebelum kita membahas dari sisi sains yang kami kutip dari berbagai sumber, ada baiknya kita menilik bagaimana sejarah mencatat proses terciptanya pesawat.
* Layang-layang diciptakan oleh bangsa Cina pada 400-300 SM

* Leonardo da Vinci secara ilmiah mempelajari cara burung terbang dan membuat sketsa berbagai mesin terbang (1500)

* Karena banyaknya penemuan saat itu yang selalu mengandalkan otot manusia, ahli matematika asal Italia, Giovanni Borelli membuktikan bawah otot manusia terlalu lemah untuk menunjang penerbangan (1680)
* Jean Pdittre de Rozier dan Marquis d’Arlandes pertama kali menciptakan balon udara panas yang bisa mengudara
* Penemu berbangsa Inggris, Sir George Cayley, menciptakan sayap yang berbaling-baling udara, membangun dan menerbangkan model seluncur pertama (1804), dan menjadi dasar dalam pengetahuan mengenai aerodinamika.
* Otto Lilienthal, seorang berkebangsaan Jerman, menciptakan sebuah sistem untuk mengukur angkatan dari sayap pesawat uji cobanya dan berhasil menerbangkan pesawatnya (1891-1896)

* Orville dan Wilbur Wright menciptakan pesawat terbang baling-baling bermesin pertama. Mereka melakukan eksperimen dengan tabung utara dan sistem beban untuk mengukur rancangan pengangkatan  dan tenaga dorongan. Mereka menyempurnakan mesin dan teknik penerbangan mereka  sehingga akhirnya mereka mampu terbang selama 38 menit dengan jarak terbang 32 km.
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Responses for this post

Posting Komentar